SHARE

Community

Paguyuban atau gemeinschaft adalah bentuk kehidupan bersama di mana anggota-anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta kekal.

Di dalam kehidupan setiap masyarakat akan selalu dapat kita jumpai paguyuban berikut:

  1. Gemeinschaft by blood, adalah kelompok sosial yang terjadi karena adanya ikatan darah atau ikatan keturunan di antara anggotanya, misalnya keluarga dan kelompok kekerabatan
  2. Gemeinschaft of place, adalah kelompok sosial yang terjadi karena kedekatan tempat tinggal para anggotanya, misalnya rukun tetangga dan rukun warga.
  3. Gemeinschaft of mind, adalah kelompok sosial yang terjadi karena adanya kesamaan pandangan di antara para anggotanya, misalnya kelompok profesi.

Paguyuban Warga Gallery West Sudirman (PWGWS) adalah bentuk kehidupan bersama yang disebabkan karena sama tinggal di perumahan yang sama yaitu perumahan Gallery West Sudirman. Dibentuk dalam rangka mewujudkan hunian yang asri, nyaman dan aman sebagai cita-cita bersama.

Sebagaimana dibahas dalam posting sebelumnya Aspek-Aspek Pengelolaan Cluster, untuk memudahkan pengelolaan hendaknya sebuah perumahan dinaungi oleh struktur/institusi yang diakui pemerintah dan terlepas dari struktur wilayah sekitar. PWGWS merupakan rintisan awal menuju pembentukan struktur kewilayahan yang resmi. Struktur kewilayahan tersebut bisa berupa pemekaran 1 atau 2 RT baru di RW 004 Kelurahan Campaka. Tentunya untuk menuju pemekaran tersebut, diperlukan sebuah proses dimulai dari pengajuan warga sampai pengesahan secara resmi oleh pemerintah. Peran PWGWS nantinya bisa saja digantikan oleh struktur kewilayahan yang resmi.

Ada beberapa manfaat yang lain yang bisa dirasakan dari pembentukan paguyuban tersebut di atas:

  1. Menjadi jembatan komunikasi antar warga dengan pihak developer.
  2. Memfasilitasi aspirasi warga untuk mestikan proses pembangunan perumahan sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan.
  3. Memperkuat daya tekan terhadap pihak-pihak terkait dibanding dengan kekuatan perseorangan.
  4. Merumuskan standar pengelolaan perumahan termasuk merencanakan anggaran serta menetapkan besaran iuran warga.
  5. Pada tahap akhir pembangunan, memfasilitasi proses serah terima dari developer kepada warga dengan memastikan semua janji developer telah terpenuhi.

Demikian telah dipaparkan peranan serta pentingnya kebersamaan sejak dini demi terwujudnya hunian yang asri, nyaman dan aman. Kalau bukan kita siapa lagi, Kalau bukan sekarang kapan lagi. Salam kebersamaan!

LEAVE A REPLY