SHARE

cropped-gallery-west-sudirman-80-750x288.png

Aspek-aspek pengelolaan perumahan cluster/kuldesak yang perlu diperhatikan:

1. Keamanan 24 Jam. Diperlukan setidaknya 3 grup satpam dengan lama waktu shift 12 jam. Dalam satu hari 2 tim bergantian, sisa 1 tim istirahat. Untuk memungkinkan adanya patroli secara regular, setiap tim terdiri dari minimal 2 orang. Sehingga 1 orang satpam standby di pos, sedangkan 1 orang lagi berkeliling melakukan patroli.

2. Penyediaan fasilitas CCTV. Untuk mendukung kinerja pengamanan, alangkah baiknya dibangun system CCTV yang bisa merekam dan memutar kembali kejadian selama seminggu ke belakang.

3. Pos Satpam yang memadai dilengkapi dengan sarana telkomunikasi: sambungan telp yang bisa dihubungi 24 jam, komunikasi radio yang menghubungkan pos dengan tim patroli, dan perlengkapan lainnya.

4. Petugas taman dan kebersihan. Mengingat luasan perumahan, diperlukan setidaknya 2 orang petugas taman dan kebersihan.

5. Hubungan antar warga yang harmonis dimulai dengan saling kenal satu sama lain menjadi modal untuk kenyamanan serta keamanan perumahan.

Kesemua aspek tersebut di atas akan lebih mudah dilakukan apabila perumahan di bawah satu struktur institusi pemerintahan yang resmi. Misalkan untuk 63 rumah seperti Gallery West Sudirman dibawah 1 RT tersendiri terlepas dari struktur daerah sekitarnya. Keuntungan berada di bawah 1 struktur yang berdiri sendiri:

1. Pengelolaan iuran warga lebih mudah dilakukan.

2. Tidak terbebani oleh permasalahan-permasalahan daerah sekitar.

Demikian sharing tentang pengelolaan perumahan cluster/kuldesak.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY